July 13, 2014

Popok Kain Modern vs Popok Siap Pakai

Salah satu topik yang gak pernah dingin dalam dunia per-mama-an selain Normal vs Caesar, Asi vs Sufor, Vaksin vs Nonvaks, Mpasi homemade vs Mpasi Instan, adalah popok kain vs popok siap pakai. . (eh iya dunia per-mama- an itu sadis loh!) belum lagi compare masalah tumbang anak, Ya Salam.. kalau gak dibawa santai mah, bisa nangis tiap malem di pundak suami, sambil nanya: kenapa-gigi-omar-baru-4- sementara-anak-tetangga- sudah-8-padahal-cuma-beda- sebulan-? XD

Dari sebelum melahirkan, saya memang sudah rajin tuh baca- baca di forum tentang popok kain benefit dan loss nya, belum lagi racun dari si tria yang sudah bilang "nanti clodi-clodi nya kafka lo bawa-bawain aja dude.." kan kalau kayak gitu saya jadi merasa bertanggung jawab untuk belajar bagaimana cara merawat clodi sekaligus cara pakainya juga, karena belajar itu juga deh saya jadi mulai jatuh cinta sama yang namanya clodi..

Setelah berembuk dengan bapaknya Omar, akhirnya kami sepakat untuk menggunakan popok kain modern mulai dari omar lahir, tanpa beli 1 pun pospak. luarr biasaa...

Kenapa popok kain modern? aduh, saya nyerah deh kalau harus beli popok kain konven yang cuma selembar itu, siapa yang mau nyuci?! sekali pipis basah, dan harus ganti, belum lagi cerita teman yang setiap hari bisa nyuci 20 lembar popok kain.  Saya pernah loh menyampaikan keluhan saya ini di salah satu group perpopokan demi mendapat saran, dan saya di bilang gak sayang anak karena gak mau repot.. auu ahhh.. :p

Jadilah ketika Omar lahir saya sudah punya stock +/- 10 clodi dengan tambahan insert yang saya pakai dari kain Alas Ompol Renata (AoR) dan Bumwear yang harganya lumayan, kalau ada yang gak tega ngeliat newborn keliatan bulky karena dikasih clodi, saya nyiasatinnya si insert bawaan clodi diganti dengan insert kain yang saya beli, masih bisa nampung beberapa kali pipis tapi tetep kelihatan tipis kok :), kadang kalau siang cover clodi gak saya pakaikan ke Omar, saya cuma bentuk si bumwear dengan format popok, dan saya jepit dengan snapi.. (googling aja deh buat liat tampilannya).

3 minggu setelah Omar lahir, ibu saya mulai menyemprotkan racun- racun popok siap pakai, katanya kasihan ngeliat menantunya yang hampir setiap hari nyuci popok bayi. Dan kami pun tergoda, awalnya beli yang isi paling sedikit, dengan harapan ini untuk jaga-jaga saja kok tidak dipakai setiap hari.
Tapi kenyataan berkata lain, ketika kami pindah ke rumah sendiri di umur Omar yang baru 3 minggu, rasanya susaah dan capek banget bangun malem untuk ngecekin popok omar sudah penuh/belum, Akhirnya mulai dipakai rutin deh tuh si pospak setiap malam. Ya! saya dan suami tetep keukeuh sehari-hari omar pakai clodi, pospak dipakai hanya untuk malem saja atau ketika pergi keluar, itupun saya usahaian tetep bawa satu clodi, Alhamdulillah sistem seperti ini masih bertahan hingga sekarang, kami hanya butuh 1 dus pospak isi sedang setiap bulannya, pengeluaran masih kurang dari Rp 100.000,- lah.. Saya pribadi tidak mau ambil pusing masalah popok ini, kalau saya sanggup saya pakai, kalau saya ngerasa capek ya saya bilang capek, walaupun kadang kalau ngobrol di forum pengen juga sih bisa pakai clodi 24 jam full dan tanpa pospak sama sekali. Yah, semoga bisa lebih baik di adik- adiknya Omar nanti.. Aamiin.

(Walaupun masih mendua dengan pospak, saya selalu semangat kok kalau diajak belanja clodi.. hehehehe)

Gambar dari sini

No comments:

Post a Comment