July 10, 2014

Menyusui Perdana dan Puting Lecet.

"Yah kan put? lo dulu gitu gak waktu awal nyusuin? gw lecet banget, perih" 
"Anak gw baru bisa nyusu setelah 3 hari, itupun susah banget."

Jadi ya Alhamdulillah banget, mulai dari IMD sampai sekarang Omar berusia 12 bulan, belum pernah saya ngalamin yang namanya puting lecet, rahasianya?

Buku pedoman menyusui dari AIMI,
Boleh lo beli di sini
dapet di toko buku Gramedia Matraman, beli gak sampai 100rb, lupa belinya pas hamil berapa minggu,dari buku itulah saya belajar bermacam-macam posisi menyusui,termasuk jika melahirkan secara caesar, di baca terus sampai saya akhirnya hapal di luar kepala, semua orang (gak bener-bener semua orang sih) mama saya dan bapak suami termasuk salah dua orang yang saya doktrin untuk ikutan baca buku ini.

Dan itulah yang saya lakukan ketika bertemu Omar pertama kali selepas maghrib setelah proses melahirkan dan IMD selesai, mulut dia saya utak-atik sendiri demi mendapatkan perlekatan yang sesuai dengan yang saya baca di buku, inget banget tuh copot lepas copot lepas, sampai saya dan Omar akhirnya nyaman. Nangis gak si Omar? Alhamdulillaahh enggak, mungkin Omar ngerti kali yaa kalau emaknya lagi usaha nyari posisi pewe demi kebaikan bersama, selain itu karena saya melahirkan normal, mau posisi menyusui apa saja bisa, salah satu alasan lain Omar sukses nenen tanpa kendala sampai sekarang adalah dia Alhamdulillah tidak tongue tie, tongue tie atau lidah pendek sebenernya bukan karena lidahnya yang bener-bener pendek, tetapi untuk menggambarkan gangguan frenulum (jaringan ikat yang menghubungkan dasar lidah dengan ujung lidah bagian bawah) nah, yang bisa memastikan seorang bayi tongue tie biasanya adalah konselor laktasi, dopkter anak, bidan, atau konsultan laktasi IBCLC. Dulu Omar dicek tongue tie atau tidaknya oleh konselor laktasi di RS Hermina Grand Wisata, sekalian untuk mengecek kecukupan ASI nya Omar juga, sewaktu saya mulai bersiap-siap kembali jadi Working Mom.

Tongue tie ini bisa jadi salah satu penyebab bayi susah menyusu dan puting ibu lecet,bukan hanya puting lecet,tongue tie juga bisa menyebabkan produksi ASI sedikit, Milk Blister (kayak semacam jerawat kecil di ujung puting), Mastitis atau PD bengkak, dan perasaan tidak nyaman ketika menyusui, makanya kalau ada ibu-ibu di luar sana yang galau kenapa anaknya keliatan susah banget perlekatannya atau berat badannya susah naik padahal ASI nya sering, coba di cek si anak tongue tie atau tidak. Sebenernya banyak hal lain yang ngebuat newborn susah menyusu di hari-hari pertama, tongue tie hanyalah salah satunya, makanya ibu dan bayi harus sama-sama belajar, terutama ibu harus pintar menganalisa kenapa bayi nya terlihat susah menyusu, jangan langsung menyerah dengan sufor. 

Jadi ibu itu harus pintar dan aware,karena dari sanalah bermula generasi yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment