August 8, 2014

Pasangan Wajib Saya

Selesai 3 bulan masa cuti melahirkan, tepatnya 2 bulan 2 minggu sih, karena Omar lahir jauh melewati HPL, saya harus siap-siap nih untuk kembali bekerja, kalau ibu-ibu yang lain dari sebelum melahirkan sudah tahu cooler bag dan breast pump apa yang akan dijadikan pilihan, sudah paham kelebihan dan kekurangan masing-masing dari banyaknya merk cooler bag dan breast pump di luar sana, saya justru pasrah dengan pemberi kado, mau kasih cooler bag dan breast pump macam apa.. hahahha

Jadi ketika belanja keperluan bayi, cooler bag dan breast pump belum termasuk dalam shopping list saya, kata pak suami jangan dibeli semua sekaligus, selain kami harus mempertimbangkan keuangan sendiri, kami juga khawatir barang-barang tersebut ternyata tidak terpakai dan menjadi mubazir, ya kali aja gitu ternyata saya berubah hasrat dan mendadak jadi Stay At Home Mom.. wkwkwkkwk..

Alhasil, beberapa hari setelah melahirkan, ketika PD saya masih bengkak banget, dan Omar masih doyan banget tidur, saya bingung deh.. “ ini saya harus bagaimana? 

Mengeluarkan ASI saya biar gak bengkak pakai apa nih? Marmet? boro-boro marmet, ngerti marmet saja karena ditunjukin teman via youtube ketika masuk kantor.

Alhamdulillah, kami dikelilingi oleh teman-teman yang baik.. pada paragraph pertama sudah disebutkan kan ya, kalau salah satu harapan saya adalah KADO. Jadi ketika teman-teman saya dan suami yang baik itu bertanya, “Omar belum punya apa mbak? Atau “kebutuhan Omar masih ada yang kurang gak?” dengan sangat tidak tahu dirinya, *tapi kami berusaha jujur kok…* kami beri mereka list barang-barang apa saja yang belum kami miliki, salah duanya “Cooler Bag dan Breast Pump”.
Datanglah hari yang dinanti itu, Kado dari teman-teman baik kami datang, untuk breast pump saya dapet Pigeon Manual Breast Pump, untuk harganya silahkan googling yaa.. kalau menurut saya sih masih lumayan terjangkau. Dengan beberapa fitur yang ada, antara lain:

•    Material alat menggunakan Polypropylene yang aman bagi si mungil (BPA Free).
•    Ritme pemompaan meniru bayi ketika menyusu ke Ibu.
•    Pegangan tuas ergonomis dan tidak berisik. Cukup menggunakan 1 tangan.
•    Kekuatan hisap cukup besar sampai dengan 250mmHg
•    Memompa dengan tanpa rasa sakit karena memiliki bantalan silicone ( advanced sealing air cushion), corong ini akan menjangkau seluruh areola dan dapat merangsang LDR (Let Down Refleks)
•    Bagian pompa sedikit sehingga mudah dalam merakit dan membersihkannya.

Dan untuk Cooler Bag nya saya dapet Gabag Picnic motif Brown Polkadot, gak terlalu girly, lumayan besar dan space dalamnya pun luas, selain dapat tas, saya juga dapet 2 ice gel Gabag besar gratis, Alhamdulillah gak perlu beli-beli lagi. 

Kalau baca reviewnya Gabag di beberapa forum ibu-ibu, termasuk di salah satu forum yang saya ikuti di The Little Gear nya Mommies Daily, banyak yang nge-review kalau Gabag ini salah satu produk local yang kualitasnya baik, harganya pun masih masuk dikantong ya, walaupun tentu saja kekurangan itu selalu ada. Saya pribadi sih kurang paham berapa standart pasaran cooler bag, wong saya gak beli kok.. tapi karena makin kesini, makin “ngeh” .. “ooh, ternyata cooler bag itu banyak merknya yaa..” dan baru tahu juga kalau ada cooler bag merk asing di Indonesia, baru deh saya ternganga, kalau ternyata cooler bag Pigeon saja bisa menyentuh angka Rp 400.000,- an.. maakk!!

Jadilah ketika saya kembali mengantongi status Working Mom, *masih belum sanggup jadi Stay At Home Mom* saya ditemani 2 sahabat baru, si Pigeon dan Polkadot Coklat. Alhamdulillah saya orangnya bukan type yang banyak complain, kalau banyak ibu-ibu yang bolak-balik ganti cooler bag dan breast pump karena kurang puas dengan performanya, saya termasuk yang nrimo dengan kualitas barang saya, apalagi karena 2 item ini adalah Kado, jadi sebisa mungkin saya maksimalkan fungsi penggunaannya. 

Gabag Picnic saya terdapat 2 kompartemen, bagian atasnya berupa kantong besar dengan pengaman hanya berupa resleting, 


karena keseringan di abuse resletingnya sekarang sudah rusak, awal-awal kompartemen atas saya pakai sebagai tempat breast pump, untuk breast pump cuma diselimutin dengan salah satu Alas Ompolnya Omar, alias gak saya masukin plastic kedap udara, atau kotak khusus. Saya benar-benar tidak berfikir bakteri, debu, apalagi polusi udara, saya percaya kalau ASI sendiri sudah memiliki anti bakteri, dan lagipula sebelum saya pakai semua sparepart BP itu akan saya bilas dulu dengan air panas, Alhamdulillah sampai sekarang ASIP saya baik-baik saja, karena Omar masih doyan banget dan dia sehat walafiat.

Bagian bawahnya, saya isi dengan 1 ice gel besar, 4 botol kaca ukuran @100ml, dan 1 botol pigeon sebagai wadah ASI ketika dipompa, sedikit ya bawa botolnya? Iya, saya gak mau merasa terintimidasi kalau lihat banyak botol kosong yang belum terisi, dengan jadwal pompa saya yang sehari 3x dimulai dari jam 10.00 – 13.00 – 16.00, Alhamdulillah saya bisa bawa pulang +/- 450ml ASIP, dan selama di rumah saya pumping 2x, selesai makan malam sekitar jam 21.00 dan sebelum subuh sekitar 03.30, bisa terkumpul +/- 300ml, untuk Omar sendiri, mulai dari range usia 2mos2wk sampai masa ASIX habis dia bisa menghabiskan 5-7 botol @100ml/hari, dengan kenaikan BB yang selalu signifikan sesuai dengan KMS. 

Selama 13 jam jauh dari kulkas, 1 ice gel Gabag besar sudah cukup untuk 4 botol ASIP saya, saya gak ngerti deh ini memang karena Ice Gelnya yang bagus, atau Cooler Bag nya yang mantap, atau karena posisi meja saya yang tepat di bawah AC, atau karena Alhamdulillah selama saya kerja di Matraman belum pernah menemukan kemacetan yang berarti, yang jelas setiap sampai rumah ASIP saya masih dingin. Karena kalau saya ngintip ke dalam cooler bag teman-teman saya yang lain, ada yang sampai bawa 2 ice gel besar dan 1 ice gel kecil, atau 1 ice gel besar, dan 1 ice gel kecil, memang sih beda merk Cooler Bag dan Ice Gel, tapi mereka pun mengakui kalau 1 ice gel besar tidak cukup untuk mempertahankan ASIP agar tetap dingin, padahal kalau mau dihitung lama waktunya perjalanannya gak beda jauh dengan saya, antara 1 – 1,5 jam hingga tiba di rumah.

Memasuki bulan keempat saya berstatus Ibu ASIP, saya merasa performa BP Pigeon saya berkurang, setiap sehabis pumping rasanya Pd saya belum kempes maksimal gitu, setelah Tanya sana-sini ternyata memang setelah pumping menggunakan BP, jika ingin kosong maksimal harus diperah kembali menggunakan tangan, awalnya saya merasa, “apa saya perlu ganti BP ya?” dari pertama kali mencoba pumping memang ada 1 merk BP yang membuat saya penasaran, yaitu Philips AVENT Comfort Natural Range Manual Breastpump, berkali-kali mengajukan proposal pembelian ke bapak suami, tapi selalu mundur karena gak tega setiap ingin melakukan eksekusi pembelian, mengeluarkan Rp 700.000,- untuk 1 breastpump menurut saya terlalu mahal, walaupun ini demi anak, tapi saya yakin ada cara lain agar saya bisa terus pumping secara maksimal, dari situlah saya mulai belajar teknik marmet melalui teman dan youtube, dan seminggu setelah full latihan mati-matian, saya resmi melepas BP Pigeon saya dan beralih penuh ke marmet. Semenjak menggunakan marmet sudah gak perlu deh tuh, sterilisasi alat-alat BP sebelum dan sesudah pakai, gak perlu tiap malem ngerakit satu-satu sparepart, atau BT kalau 1 sparepart ketinggalan di rumah, saya cukup cuci tangan yang bersih, massage PD sebentar dan susu Omar pun keluar dengan lancar. Alhamdulillah.

Walaupun begitu, sampai sekarang Omar berusia 12m2wk, BP Pigeon dan Gabag Polka masih jadi bawaan wajib saya, meskipun si BP Cuma nongkrong manis di dalam kompartemen bawah, (saya masih belum tega untuk merumahkan dia). Sekarang kompartemen atas saya pakai untuk kotak bekal, dan kompartemen bawah diisi dengan 1 set BP, 1 Botol wadah ASIP, dan 2 botol kaca, kenapa semakin sedikit? Karena sekarang saya sedang belajar mengurangi waktu frekuensi pumping, Omar sudah berkurang banget minum ASIP siangnya, bahkan saking berkurangnya sebelum puasa kemarin saya sempet deg-degan karena beberapa stock ASIP saya ada yang mendekati waktu kadaluarsa, Alhamdulillah terminum semua sama Omar, sekarang semua stock ASIP saya taruh di kulkas bawah, wajib habis dalam waktu seminggu biar gak mubazir! 

 
Saya dan pasangan ini sudah melewati banyak hal, tergencet di dalam commuter line, ngesot di lantai BUS 9A, gantungan bebas di motor Honda, kehujanan & kepanasan karena saya lupa bawa payung, tapi mereka selalu setia menemani saya tanpa pernah complain. Semangat ya Pigeon dan Gabag, masih ada 12 bulan ke depan loh.. 

5 comments:

  1. Hai bundanya Omar, salam kenal yaaa :) Mudah-mudahan ASInya lancar terus sampai Omar sudah waktunya lepas dari ASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mama Arifah, terimakasih ya sudah mampir, terimakasih juga untuk doanya. Aamiin Ya Allah.. :)

      Delete
  2. Terima kasih sharingnya, kayanya saya juga harus beli karena saya ingin tetap memberi ASI setelah cuti nanti.
    Saya masih hamil 6 bulan sih, tapi apa perlu ya saya bersemangat dari sekarang hunting-hunting gitu...
    Peluk sayang buat Omar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, tante pendarbintang thanks ya sudah mampir.. kalau mau sukses ASIP memang harus full tekad dan niat, gak ada salahnya juga kok mulai baca-baca dan ceki-ceki kira-kira butuh BP dan Cooler seperti apa, seru loh ngeliat-liat perlengkapan bayi gitu.. *jadi inget jaman hamil dulu* semoga sehat terus ya sampai proses melahirkan nanti, anak dan ibunya sehat, sukses juga IMD dan ASI nya. :)

      Delete
  3. Wahh membantu sekali postingannya...boleh tanyakah tali tas gabagnya baguskah? Kuat..soalnya saya beli autumnz baru sekali pake takutnya udh putus nyesel dehhh beli ini

    ReplyDelete