August 5, 2014

Gabung di Forum Yuk!

Semenjak saya hamil Omar, saya mulai rajin mengikuti banyak forum, mulai dari forum kehamilan di Mommies Daily, sampai group facebook macam AIMI, GBUS, dan GESAMUN,(dan forum-forum lain yang sudah banyak saya ikuti, termasuk forum masakan dan rumah) jujur saya mendapatkan banyak sekali ilmu dari sana.

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti Forum adalah tempat pertemuan untuk bertukar pikiran secara bebas, bebas disini tentu kita juga harus tahu ya, forum yang kita ikuti itu ruang lingkup bahasannya apa saja, kan gak lucu kalau kita ikut group Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia yang notabene membahas serba-serbi tentang proses menyusui tapi kita malah nyelimur dan bertanya seputar USG kandungan. Walaupun saya yakin hampir semua ibu disana mampu menjawabnya, tapi kok terkesan kita tidak menghargai tuan rumah ya, karena ya itu tadi, melenceng dari tujuan forum itu di bentuk.

Gak sedikit orang yang mengomentari keaktifan saya dalam sebuah forum,

mulai dari “kamu rajin banget sih mbak baca-baca kayak gitu?”, “yaampun, masih sempet ya online dan buka-buka forum”, untuk saya pribadi, saya merasa terbantu dengan mengikuti forum-forum ini, contoh nyata selama saya hamil Omar, saya rajin nongkrong di forum kehamilan nya Mommies Daily, dari sana saya mendapat banyak teman senasib sepenanggungan, mulai dari ukuran kandungan yang mirip-mirip, gejala yang mirip, sampai tanda-tanda persalinan yang gak jauh beda, belum lagi karena saking akrabnya saya bisa ngobrol gak Cuma di forum saja, tapi lanjut ke japri WA. Bahkan, salah satu teman yang akhirnya bikin saya mahir tentang dunia per-clodi-an saya dapat dari forum little gear nya Mommies Daily, dan Alhamdulillah sampai sekarang kami tetap keep in touch, walaupun dia tinggal jauh di Bandung. 

Beneran deh mendapat banyak info selama kehamilan itu bikin kita jauh dari stress, apalagi ketika punya anak, banyak malam-malam dimana saya kadang masih suka bingung “ini Omar kenapa ya?” saya bisa mendapat banyak masukan dari forum, belum lagi masalah imunisasi dan vaksin, dari forum lah saya bisa cari tahu mulai dari imun dan vaksin apa saja yang wajib, tambahan, bisa diundur atau harus segera diberikan, gak lupa juga dari forumlah kita bisa saling compare harga, dimana bisa mendapatkan harga murah untuk imun atau vaksin. Jangan salah, Imun atau Vaksin itu tidak murah loh!

Sebelum saya hamil saya termasuk orang yang males banget terlibat dalam suatu forum online, boro-boro ikutan forum, cek email saja kalau gak perlu-perlu banget gak akan saya buka deh, paling Cuma facebook an, baca berita online, lihat-lihat update an temen, dan pastinya shopping! Yes, I’m die hard online shopper! 

Pernah ada seorang teman yang bilang ke saya, ketika kamu menikah kamu gak akan tahu kapan kamu akan hamil, bisa cepat bisa pula lama, banyak-banyak lah ilmu sebelum kamu menjadi orangtua. Jadi dari pertama saya menikah, hal pertama yang saya baca baik-baik adalah seputar masalah reproduksi, kehamilan, makanan apa saja yang baik untuk janin, dan kesiapan mental kita sebagai orangtua, ketika Obgyn saya memberikan opsi untuk menunda dikarenakan kondisi perkawinan kami yang Long Distance Married, saya menganggap ini sebagai waktu untuk membenahi pola hidup dan persiapan mental jika kami memutuskan diri sebagai orangtua, begitu kami memutuskan untuk “memiliki anak” saya menjalani check up secara keseluruhan, Alhamdulillah semua berjalan sesuai rencana, ketika saya dinyatakan hamil badan saya sepenuhnya sehat dan saya mampu menjalaninya dengan bahagia, ketika pasangan-pasangan diluar sana masih bingung dengan “things u can or can’t do during pregnancy” saya sudah mulai belajar tentang persalinan dan ASI (ciieee.. bukannya sombong nih), mulai usia 3 bulan saya mendatangi berbagai kopi darat forum, termasuk Gentle Birth Untuk Semua, it helps me a lot! Saya yang awalnya panic karena mengalami rembes ASI di usia 16wk, setelah bertemu dengan “Nenek ASI” di kopdarnya GBUS jadi tenang banget dan yakin kalau saya mampu memberikan ASI.

Kadang saya sedih juga, kalau dalam suatu forum saya masih menemukan banyak ibu-ibu yang malas baca, dan mau nya hanya “disuapi”, padahal menurut hemat saya nih ya, kalau bisa online facebook dan ngalor ngidul nanya macem-macem di forum, kenapa tidak waktunya disisihkan sedikit untuk melihat files apa saja yang terdapat di forum itu, gak perlu dibaca semua kok, cari saja apa yang kita perlukan, dari judulnya InsyaAllah sudah jelas semuanya, gak akan nyasar, berangkat dari hasil baca-baca itu akan semakin tercipta diskusi yang menyenangkan dan akan semakin banyak ilmu yang didapat.

Satu lagi nih, saya paling gemes dengan orang yang “dia aktif dalam suatu forum ketika butuhnya saja” ketika masalah atau tujuan sudah terpenuhi,  gak akan muncul-muncul lagi di forum, buat saya sih orang seperti ini termasuk kategori pelit ilmu ya, ahh, tapi bisa saja itu Cuma suudzonnya saya, mungkin orang-orang seperti itu terlibat dengan kesibukan yang luar biasa.
Apapun itu, jangan pernah deh merasa mengikuti sebuah forum adalah bentuk kesia-siaan, karena ilmu dan teman itu bisa didapat darimana saja, dan melalui media apapun. 

Mari semangat mencari #edukASI

No comments:

Post a Comment