June 30, 2012

Hebatnya Masakan Ibu-Ibu Muda dan ketakutan saya terhadap api, kompor, dan minyak yang muncrat-muncrat.


Assalamualaikum.

Saat ini status saya adalah seorang istri, Usia 25 tahun, belum punya anak, bekerja sebagai karyawan swasta. 

Lingkungan pergaulan saya itu minoritas telah menikah dan mayoritas belum menikah, rata-rata yang telah menikah adalah teman-teman kuliah saya dan teman kantor. Dan berhubung kita jarang ada yang  tinggal di satu kota yang sama, otomatis jarang ketemu juga. Biasa ngobrol lewat SNS (Social Networking Service alias Jejaring Social), begitupun dengan teman kantor, lebih sering ketemu di kantor daripada diluar kantor. 

Nah hampir setiap hari status atau upload-an foto teman-teman saya yang telah menikah itu gak jauh-jauh dari kehidupan pernikahan termasuk hasil masakan ciptaan mereka, hehehhe saya juga gitu sih, biasa twitpic via twitter atau mobile upload di FB, biasalah pengen nunjukin hasil karya juga.
Tapi kadang ketika melakukan kegiatan unjuk hasil karya kayak gitu,ngebuat saya suka minder sendiri. Kenapa?
Pernah suatu minggu, saya habis bikin rissoles, gak bikin kulit sendiri, beli kulit jadi di pasar, isinya pun Cuma sayur-sayur an, telur, dan udang cincang. Nothing special.. tapi buat saya Wah gitu karena bentuknya bagus dan rasanya pun lumayan enak. *kata orang rumah sih gitu* gak lama saya upload foto rissoles saya itu, tiba-tiba ada temen lain yang update status: “lunch dengan kepiting asam manis, tempe mendoan dan sawi asin”. Iseng saya tanya, 

P: itu sawi asin beli jadi yang di supermarket ya? Halal gak sih? Pengen nyoba juga..
T: iih..enak aja, gak level ya gw makan makanan olahan supermarket gitu. Bikin sendiri lah, bumbunya jelas, lebih steril juga.
P: gila hebat bangeet loh, bukannya bikin sawi asin itu lama ya? Kan pake difermentasiin juga gk sih?
T: iya sih emang lama, tapi gimana lagi, suami suka tuh.
P: itu lo juga bikin kepiting sendiri? Ke pasar jam berapa, bisa dapet kepiting gede-gede gitu?
T: ya abis subuh lah put, jadi istri itu harus bangun paling pagi, buat siapin macem-macem.

“dheg” mulai lah saya merasa gak “berdedikasi”, biasa weekend saya leha-leha dulu di kasur sampe jam 7-an lah, habis itu baru deh keliling. Terus, di hari yang lain, denger temen cerita dia sukses bikin Ikan Mujaer Terbang. Tau kan? Yang kayak di resto” sunda gitu loh, dan kembali saya Tanya, “elo gak takut ya minyaknya muncrat-mucrat?” eh saya diketawain, katanya “masak jadi istri takut sama minyak panas?” dongkol gak?! Liat mama goreng lele aja udah kayak orang mau tempur sama penggorengan, padahal mama yang udah nerima pesenan catering berkali-kali, bertahun-tahun di dapur juga masih suka takut kok sama minyak yang muncrat-muncrat, masa saya yang baru setahun kurang gak boleh takut sih?? 

Semakin kesini, keahlian temen-temen saya semakin bertambah, mulai dari bikin rawon, soto ayam, empal gentong, opor, trus apa tuh namanya jajanan khas solo yang pake roti sama daging kelapa muda dikukus pake daun pisang, kemaren temen bikin itu katanya suaminya kangen “jajanan masa kuliah di Solo dulu” dikasihin ke temen-temennya juga buat nyobain.

Dan yang bikin saya takjub adalah pas tahu salah satu temen saya bisa bikin rendang dan nasi kuning, OH MY GOD!! I guess she’s prepared to do open house when Ied Come!! Dia bilang dia nyiapin semua bumbu-bumbu nya sendiri, blender sendiri, dan dagingnya itu direbus tanpa pake presto biar bumbunya lebih meresap.. *makin takjub saya, karena kan pasti lama banggeetttt* dan mereka ngelakuin semua itu rata-rata karena: Suami Minta/Suami Suka.

Terus sejauh ini masakan yang udah berhasil lo masak apa aja put?

Oke, biar saya certain dulu hal yang kadang ngebuat saya parno terhadap kompor, minyak panas, api, dkk nya. Saya baru bisa menyalakan korek api itu SMA, *iya korek api yang bungkus kotak kecil itu loh* kenapa? Karena mama saya beli kompor minyak tanah untuk menghemat gas yang pada saat itu mulai dikonversikan oleh pemerintah supaya beralih ke gas melon. Alhasil saya yang selama ini apa-apa pake kompor gas, HARUS belajar nyalain sumbu kompor pake korek api. *amazing! Saya nangis karena takut sama apinya, wong nyalain kompor gas aja masih suka takut kok*

Ada lagi hal lain yang sebenarnya sudah lama ngebuat saya paranoid terhadap gas, api, dan kompor, waktu saya SMP, di suatu pagi mama saya terima telepon dari nenek saya, ternyata salah satu om saya, beserta istri dan anaknya masuk RS Pertamina karena kompor gas di rumahnya meledak. Bayangan saya sebelum ngejenguk waktu itu Cuma luka bakar biasa, semacam kena cipratan api lah. 

Pas kita sampai di RS, kita semua langsung ke ruang rawat anak karena di situ tempat semua keluarga ngumpul, ternyata sepupu saya yang waktu itu masih umur 3 tahun mendapat perawatan luka bakar yang lumayan serius, beberapa helai rambutnya terbakar, tangan dan kakinya juga *sampai sekarang dia belum mau operasi untuk ngilangin bekas luka bakarnya itu*, kita semua keluarga mulai bertanya-tanya, seberapa parah kecelakaan kompor meledak ini?
Di ruang anak itu kakek-nenek saya belum boleh melihat anaknya yaitu Om saya, yang bisa lihat cuma om saya yang lain, dokter bilang siapin mental dulu kalau ingin lihat. Akhirnya habis subuh kita semua mutusin *termasuk saya* oke, kita siap untuk lihat kondisinya.

Ternyata kita gak bisa lihat langsung karena mereka berdua (om dan tante saya) dirawat di dalam ruang steril, kita cuma bisa melihat melalui kaca yang menjadi pembatas, sampai sekarang saya masih inget momen ketika suster narik gordyn kaca nya dan kita semua bisa melihat kondisi om saya, kalau gak salah Luka Bakar 75%, semua kulitnya melepuh, hidung, bibir, mata, telinga, kuku, semua-semua rusak begitu juga dengan tante saya. 

Mama dan beberapa budhe saya yang diijinin masuk bahkan bilang, walaupun mereka pakai masker lengkap, mereka masih bisa mencium bau gas *karena ternyata gas itu juga sudah merusak organ dalamnya* singkat cerita om dan tante saya itu meninggal, dan setelah diselediki penyebabnya, ternyata ketika om saya mau masak air untuk merebus susu sekitar jam 3 pagi, dia gak sadar kalau gas itu bocor dan baunya sudah memenuhi seisi rumah, otomatis ketika kompor dinyalakan terjadilah kecelakaan itu. Dia adalah salah satu om favorite saya. Sejak kejadian itu, saya kadang takut nyalain kompor gas, apalagi kompor gas yang harus dipancing dulu pakai api. 

Konyol? Mungkin, karena seharusnya saya bisa mengatasi rasa parno itu, kejadian itu terjadi karena om saya yang tidak waspada dan mencium bau gas, tapi tetap saja kejadian itu berbekas di pikiran saya.

Ada lagi kejadian lain yang berhubungan dengan api setelah kejadian om saya itu, saya waktu itu sedang di kamar, dan gak tahu kenapa tiba-tiba kabel di dalam kamar saya itu terbakar dan apinya langsung membesar. Saya teriak, saya nangis, saya gak berani keluar kamar, saya malah semakin merapat ke pojok. Mama saya yang berdiri di pintu teriak-teriak biar saya keluar, tapi saya gak berani, karena saya takut dengan apinya. Saya gak inget kejadian nya gimana tapi akhirnya mama saya berhasil padamin api itu, satu rumah bau kabel terbakar, tembok kamar saya hangus sebagian, dan saya gak berhenti gemetaran sampai papa pulang. 

Kejadian terakhir itu beberapa hari kemarin, saya baru pulang kantor, dan langsung mandi, adik saya rupanya ingin menggoreng bakwan udang, dia emang sudah biasa di dapur, tapi begitu saya keluar kamar setelah mandi, hal yang pertama saya lihat adalah adik saya berusaha mematikan kompor gas dan membawa Teflon yang terbakar (masih ada apinya) ke kamar mandi, tapi pas ditengah-tengah dapur tangannya terbakar, dan apa yang saya lakuin? Tubuh saya semua kaku dan tiba-tiba saya reflek ambil gayung buat nyiram teflon *padahal itu bahaya banget, karena bisa bikin api tambah besar* Alhamdulillah adik saya masih punya akal buat memadamkan api nya. 

Akumulasi dari semua kejadian itu, ngebuat saya bener-bener jaga jarak sama kompor, gas, minyak panas, dkk nya. Alhasil saya bener-bener cari akal gimana saya bisa tetep bikin makanan enak,dan bisa bersentuhan dengan kompor. Karena hal-hal itu juga sebisa mungkin saya bikin masakan yang gak terlalu menggunakan banyak minyak atau mengganti minyak dengan bahan lain.

Kemarin saya beli Happy Call, Alhamdulillah ada tetangga yang ngajak patungan, beli 2 dapat 3, jadi lumayan murah. Kenapa saya beli happy call? Karena saya pengen bisa masakin pasangan saya Ikan goreng, saya tahu kalau saya nge goreng ikan pakai wajan, saya akan butuh minyak panas yang banyak biar ikannya bisa garing, dan minyak itu akan muncrat-muncrat. Sementara kalau pakai happy call, saya tinggal bolak-balik saja karena bisa panas atas-bawah, walupun gak akan segaring kalau pakai minyak panas. 

 

Sebenarnya pasangan saya bukan orang yang rewel terhadap makanan, dia kurang suka dengan daging yang berlemak, tetelan ,ati-ampela, atau masakan yang banyak bumbu nya seperti masakan padang, dia lebih suka makan tumisan, tahu-tempe, sayur bening, jarang dia minta dibuatin soto, rawon, apalagi gulai, prinsip makan dia sepanjang gak menyusahkan dan proses masaknya itu aman buat saya. Tapi untuk seafood dia lebih suka yang digoreng biasa, bukan berkuah macam tom yam atau sop ikan, dia kurang suka dengan aromanya. Nah, karena saya tahu selera dia seperti itu maka nya saya sengaja beli Happy Call biar saya bisa nge-goreng seafood-seafood kesukaan dia.  

Jadi kalau sekarang ada yang bertanya, elo bisa masak apa put? 

Sejauh ini Alhamdulillah sudah bisa sayur bening, tumisan sayur, bulgogi (ini dagingnya gak muncrat loh kalau digoreng ;p) , brokoli mayonnaise (ini kesukaan saya, pasangan kurang suka mayo), sosis asam manis (one of his favorite), tempura (kalau ngegoreng pakai tepung bisa meminimalisir minyak yang muncrat-muncrat itu), tempe mendoan, fuyung hai, camilan macam rissoles, pisang coklat, segala jenis pasta, schotel, ramen (instan) hahahhaa

Insya Allah mau belajar bikin gudeg sama krecek (ini kesukaan pasangan juga soalnya), mungkin saya sekarang belum bisa sehebat teman-teman lain yang sudah bisa masak hidangan lebaran, atau yang pakai bumbu ribet-ribet, atau yang ala resto macam ikan terbang, tapi semoga saya bisa terus belajar untuk pelan-pelan ngatasin ketakutan saya terhadap kompor, api, dan minyak yang muncrat-muncrat, jadi bisa lebih kreatif lagi masaknya, apalagi kalau nanti sudah punya anak, tahu sendiri kan kalau anak itu bosenan.

No comments:

Post a Comment