May 8, 2013

Jarak Antar Anak

Pagi ini kembali saya dapat suatu "pandangan" di commuter line, tepat di sebelah saya duduk seorang ibu dengan membawa 3 orang anak, iya 3! kalau boleh di tebak masing-masing umurnya antara 7 thn, 4thn, dan 2thn. Cukup ideal ya secara logika.. Anak pertama perempuan, sekilas dia tampak dewasa mungkin karena harus ngemong adik- adiknya ya, sementara anak kedua dan ketiga nya laki-laki.
 
Saya belum pernah benar-benar merasakan membawa seorang anak berpergian, tapi yang saya lihat ibu ini tampak kerepotan sekali. Anak kedua nya tidak berhenti bicara dan protes, mulai dari kursi yang sempit,  ingin berdiri saja, tidak mau duduk dengan kakaknya sampai mau memanjat jendela.. sementara anak yang terkecil bolak-balik rewel karena dia ingin seperti kakaknya yang kedua juga, berdiri sendiri, duduk sendiri.
bagaimana dengan anak pertama? dia terpaksa berdiri sambil membawa barang-barang adiknya.. dan yang pasti they're all so noisyyy.. seperti anak-anak pada umumnya. hehehehee...
 
Yang mau saya garis bawahi disini, sebenarnya berapa sih jarak ideal antar anak yang satu dengan yang lainnya? ideal disini selain dilihat dari sisi finansial juga dilihat dari sisi kemampuan orangtua untuk memberikan perhatian ya.. Jarak antara saya dan adik saya cukup jauh, hampir 6 tahun, dengan pertimbangan, Ibu saya ingin benar-benar merasakan betapa nikmatnya punya anak pertama sebelum menambah anak kedua, dan ketika adik saya lahir, papa saya tidak pernah absen memberikan saya perhatian ketika ibu saya masih sibuk dengan her newborn baby. *quite make sense* memang setiap keluarga punya pertimbangan masing-masing ketika berencana menambah anak.
 
Tapi idealnya setiap anak bisa mendapat jatah yang sama bukan? *bdw, siapa sih yang gak mau hidup di dunia yang ideal?* :p

No comments:

Post a Comment