June 30, 2014

Belajar Puasa Ketika Hamil dan Menyusui

Kenapa saya bilangnya belajar? Karena untuk pertama kalinya 2x Ramadhan, Ramadhan tahun lalu dan Ramadhan tahun ini status saya berubah dari Bumil menjadi Busui..
 
Lebaran tahun lalu, Alhamdulillah Ramadhan saya diisi dengan hari- hari menunggu Omar keluar, banyak orang yang mempertanyakan "emang kuat puasa?" , "sudah hamil besar gitu, tunda dulu saja puasanya.." saya semata-mata ingin puasa bukan karena mau menunjukan kalau "saya ibu hamil tapi mampu puasa loh.." tapi karena saya tahu puasa ramadhan itu wajib, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur saya ke Allah yang telah sangat baik memberikan saya keturunan sesuai planning saya dan suami, memberikan saya kehamilan yang lancar dan tidak menyusahkan, dan juga ingin mengajarkan ke janin kalau kita umat islam wajib puasa (syarat dan ketentuan berlaku ya..) jadilah saya belajar puasa ketika hamil, Alhamdulillah sebelum Omar lahir tgl 16 ramadhan saya cuma bocor sekali karena salah strategi makan di waktu sahur.. Alhamdulillah juga selama puasa BB nyusut tetapi BBJ stabil dan lahir normal 3,1kg..
 
Insya Allah tahun ini ingin belajar puasa juga dengan status Ibu Menyusui, selain karena memang Puasa wajib kali ini saya ikut puasa sebagai ungkapan syukur saya kepada Allah karena telah diberikan anak yang Insya Allah sehat, ganteng, baik, sholeh, pintar (Aamiin) dan diberikan kemampuan untuk dapat memberikan ASI sebagaimana tercantum di dalam Al-qur'an, serta bersyukur atas kenikmatan- kenikmatan yang lain.

Gimana caranya kok bisa kuat? Kalau untuk saya pribadi kuncinya di waktu sahur, saya menghindari segala makanan dan minuman dengan pemanis buatan, No Tea! karena teh malah membantu tubuh mengeluarkan cairan, jadinya cepat haus.. dan makanan manis ngebuat tubuh cepat kenyang, tapi cepat lapar juga. Saya selalu berusaha sahur dengan Gizi Seimbang, Karbo+ Protein Hewani+ Protein nabati+ Serat+ Vitamin&Mineral..
 
Tadi pagi menu sahur saya: Nasi putih, dengan semur daging, tahu sutera.. berhubung lagi malas bikin sayur (hehehehehe..) ditebusnya dengan makan mangga 1 buah dan air putih 3 mug.. Alhamdulillah sepagian ini sudah sukses nyuci baju, beberes, nyusuin omar bolak-balik dan sekarang main FB. Insya Allah nanti konsumsi sayurnya diganti pas buka puasa, rencana bikin capcay kuah.. semoga bisa istiqomah dengan makanan sehat dan sukses puasa 1 bulan full.. Aamiin.
 
Oh iya tambahan, disela-sela tidur malem usahain bangun untuk minum (dan tahajud).
Selamat puasa Bumil dan Busui.. :*

No comments:

Post a Comment